SELAYANG PANDANG

Ilmu Tauhid, ushuluddin

Didalam blog ini insya Alloh akan mengulas garis besar dari Ilmu Tauhid atau Ushuluddin, yang mana ilmu ini sangatlah penting bagi kita semua.

Adapun posisi Ilmu tauhid atau Ushuluddin itu sendiri ibarata suatu pondasi dalam sebuah bangunan, makanya untuk memperkokohnya mari kita gali secara perlahan.

Ilmu Tauhid, ushuluddin

بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillaahi wahdahu
Wash-sholaatu was-salaamu ‘alaa Rosuulillaah~
Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa Aalihii wa man waalaah…
Tulisan di blog ini akan dinamai ” ‘Aqidatun najiin fii Ushuuluddiin” yang artinya ” Keyakinan orang-orang yang selamat” yang akan menjelaskan Dasar-dasar Agama. Atau disebut juga ” Ilmu Ushuluddin, atau Ilmu Tauhid”.

Yaitu suatu Ilmu yang diperuntukkan supaya sampai pada keyakinan bahwa Alloh Ta’ala itu Maha Tunggal.
Yang menjadi motivasi bagi saya untuk nyusun tulisan disini adalah tiada lain tujuan yang paling utama, untuk mengingat-ingat pelajaran dulu waktu belajar ngaji di kampung.
Selain mengingat-ingat juga, masih tujuan utamanya : “Supaya anak-anakku kelak, gak hanyut dengan Modernisasi tekhnologi yang semakin hari semakin canggih”.

Dan juga banyak Ikhwan-ikhwan Muslim yang saya temui di Medsos supaya apa yang saya tulis pake Bahasa Nasional. Sementara tulisan aslinya pake bahasa lokal yaitu Bahasa sunda, bisa dilihat Disini
Dan saya hanya sekedar nyalin apa yg tertulis dalam kitab yang telah dirangkum oleh Guru-guru saya.

Penggagas

Dan hadirnya Tulisan Ilmu tauhid yaitu ” Aqidatun najin Fii Ushuluddin di blog yang sederhana ini, asal muasalnya atas permintaan Jama’ah pengajian rutin di :
Madrasah Al-Falah, Kubang, Condong, Cibeureum, Tasikmalaya
JAWA BARAT

Yaitu Murid-muridnya Syakhuna ” Ahmad Atsiruddin ( Kubang)

Mereka memohon pada penulis kitab supaya ngumpulin hasil dari Wejangan-wejangan Beliau terutama dalam Kajian Ilmu Ushuluddin, yang biasa di ajarkan oleh Beliau setiap pengajian Mingguan (seminggu sekali).
Dengan demikian Saya ” Penulis Kitab” berusaha mencari-cari semua tulisan Syaikhuna Ahmad Atsiruddin itu. Beliau wafat pada Tanggal : 22 Maulid 1394 H. Dan bertepatan dengan Tanggal : 15 April 1974 M.
Dan juga mengambil rujukan dari tulisan-tulisan Syaikhuna ” Muhammad Dimyathi Al-marhum”. Dan yang paling pasti merujuk dari kitab-kitab yang membahas tentang Ilmu Ushuliddin, Diantaranya :

Fathul Majid

As-Sanusiyyah

Kifayatul ‘Awam

Jawhar Tauhid

Tanwiirul Qulub

Tijanud Daruri

Nuurudh Dholam

Kasyifatus Saja

Dan masih banyak lagi kita-kitab yang lainnya. Intinya Penulis hanya sekedar Nukil, dan saya juga hanya sekedar mindahin tulisannya saja.

Terakhir seandainya pembaca Yang Budiman, menemukan suatu kesalahan dalam tulisan ini dari segi penempatan Dalil-dalil dan yang laennya. Maka itu mutlak kesalaha saya pribadi yang menyalin dan memlubliksaikannya.
Untuk itu saya sangat berharap Bapa, Ibu, dan sahabat-sahabat yang lainnya Berkenan untuk mengoreksinya, sehingga betul-betuk diteliti dulu dan Insya Alloh saya siap untuk berusaha membenahi kembali.
Dan semoga tulisan yang ada ini di Blog ini memberikan manfaat, khususnya buat saya dan keluarga. Umumnya, pembaca, sodara-sodara kaum Muslimin.

Aamiin

والسلام : الجامع والناقل، الذليل والحقير، والمفتقير الى رحمة المنان ومغفرة الرحمن.
محمد عمران بن أحمد أثر الدين

 

Adapun yang tertuang didalam blog es cincau ini antara lain :

Bab awal Berisikan :

  1. Pengetahuan tentang Agama
  2. Ke Imanan
  3. Ke Islaman
  4. Ke Ihsanan